Manajemen Operasi Global: "ANALISIS OPERASI PERUSAHAAN HCL AMERIKA DAN LI & FUNG"
BAB I
PENDAHULUAN
1. HCL (Hindustan Computers Limited)
HCL Amerika didirikan pada tahun
1989 lokasi di Sunnyvale, California. Dengan lebih dari 3.000 orang karyawan
pada 21 kantor di 15 negara, HCL Amerika memberikan kontribusi 55,9% dari total
Consulting HCL di seluruh dunia dan pendapatan Jasa TI dan tumbuh 34,2% selama
kuartal yang berakhir Juni 2008.
HCL didrikan oleh Shiv Nadar
(Tamil). Dia adalah seorang industrialis India. Dia adalah ketua dan kepala
pejabat strategi HCL Technologies. Pada 2011, kekayaan pribadi adalah $
5600000000. Shiv Nadar mendirikan HCL pada pertengahan 1970-an dan mengubah
perusahaan TI hardware menjadi Perusahaan TI selama tiga dekade berikutnya
dengan terus-menerus fokus pada perusahaannya. Pada tahun 2008, Nadar
dianugerahi Padma Bhushan untuk usahanya di industri TI. Memiliki fokus usahanya
dalam mengenbangkan sistem pendidikan di India melalui SSN Trust.
HCL
merupakan perusahaan teknologi global dan IT dengan laporan pendapatan US$ 5.7
Miliyar. HCL terdiri dari dua perusahaan yang terdaftar di india, HCL
Tehcnologies dan HCL Infosystem. Tiga dekade lamanya, perusahaan yang didirikan
pada tahun 1976 adalah satu perusahaan teknologi original di India. Melakukan
penawaran span R&D dan pelayanan teknologi, perusahaan dan konsultasi
aplikasi. Tim HCL terdiri dari 79.000 tenaga profesional dari berbagai negara,
beroperasi di 31 negara termasuk 500 poin dari presentase di India. HCL
memiliki partnership dengan pemimpin terkemuka 1000 perusahaan, termasuk
beberapa Teknologi informasi dan mayor teknologi.
Amerika
HCL telah
membuka pusat pengiriman di Guadalajara, Meksiko. Pembukaan dari pusat baru
ini sejalan dengan strategi HCL untuk memperluas Delivery Global di seluruh dunia.
HCL telah
memenangkan kesepakatan untuk mendukung operasi manajemen investasi berbasis
Amerika Serikat Fortune 200 terpadu jasa keuangan perusahaan. Pusat pengiriman global HCL's di
Raleigh, North Carolina akan digunakan untuk memberikan layanan ini.
HCL telah
menandatangani multi-kontrak layanan dikelola dengan Local Telecom Carrier Exchange terkemuka di AS.
Kesepakatan ini mencakup seluruh aplikasi TI sebagai penyedia layanan telepon, untuk memberikan layanan ADM / ASM dalam model pengiriman secaraglobal.
Sebuah
operator nirkabel terkemuka di Amerika Serikat telah menandatangani
kontrak bernilai jutaan dolar dengan HCL.Ruang lingkup dari
kesepakatan kompas arsitektur, desain dan pengembangan pelanggan dihadapi
layanan SOA berbasis web untuk 30 juta pelanggan. Aplikasi-aplikasi SOA
berbasiswebakandiaksesolehgerairitelpengangkutdi Amerika Serikat.
HCL telah
dipilih oleh sebuah perusahaan Amerika Serikat terkemuka yang berbasis di
ruang CPG untuk memodernisasi TI alamnyamenggunakan SOA.
HCL telah
memenangkan kontrak multi-tahun dengan salah satu bank terbesar di Inggris. HCL
akan menyediakan IT outsourcing dan layanan untuk sistem transformasi inti
bank yang mendukung kebijakan buku asuransi yang ditutup.
Lampiran
Gambar HCL Business Model
2. Li &
Fung
Berawal dari ancaman sang ibu, dua kakak-beradik ini sukses menjadikan
perusahaan tak sekadar makelar dagang. Mereka kini menjadi penentu rantai
pasokan bisnis global.
Awal 2006 tampaknya menjadi momen yang tak akan dilupakan kakak-beradik Victor Fung dan William Fung. Maklum, keduanya oleh Forbes dinobatkan
sebagai Asia Businessmen of the Year 2006.
Sebuah pengakuan prestisius atas kinerja mereka sebagai pebisnis kelas dunia.
Tentu saja Forbes tak
asal memilih. Victor dan William telah menggerakkan Li & Fung menjadi
perusahaan yang disegani. Bayangkan. Sejak 1992, pertumbuhan penjualannya
mencapai 22% per tahun, sementara laba bersihnya tumbuh 23% per tahun.
Pertengahan 2005, dengan penjualan mencapai US$ 3 miliar, perusahaan ini
mencetak laba bersih sebesar US$ 79 juta.
“Kini, kami menjadi contoh
perusahaan generasi baru, perusahaan yang datang dari Asia, dengan warisan
Cina, yang mampu beroperasi di dunia global,” ujar Victor (60 tahun), Chairman Li
& Fung penuh rasa bangga. “Mereka sukses menunggangi gelombang interkoneksi
dunia,” puji Chairman HSBC Holdings, SirJohn Bond,
yang bukan cuma mengenal Victor dan William (Managing Director Li
& Fung), tapi juga mengenal baik ayah dua orang ini, Fung Hon-chu ketika
masih mengoperasionalkan perusahaan. “Mereka telah mentransformasikan
perusahaan ini dari bisnis keluarga menjadi perusahaan kelas dunia,” ia
menambahkan.
Sir John
Bond benar. Victor dan William memang sukses mentransformasikan perusahaan ini.
Transformasi pertama diawali telepon mengagetkan di tahun 1972. Ketika itu,
William yang baru berusia 23 tahun menerima panggilan dari ibunya di Hong
Kong.“Ibu bilang kalau kami tak segera pulang dan membantu, ayah akan bunuh
diri,” ujarnya mengenang.
Seperti abangnya, William dikirim
Fung Hon-chu untuk menuntut ilmu di Amerika Serikat. Di negeri ini, keduanya
sukses. Victor mendapat gelar sarjana dan master teknik elektro dari
Massachussetts Institute of Technology, serta Ph.D ekonomi bisnis dari
Harvard Business School. Sementara itu, William meraih sarjana teknik dari
Princeton University dan MBA dari Harvard. Ketika sang ibu menelepon, ayah
mereka berusia 61 tahun. Saat itu Fung Hon-chu telah menjadikan Li & Fung
perusahaan dengan bisnis yang terdiversifikasi. Ia telah sukses menyelamatkan
bisnis keluarga dari masa-masa yang sulit.
Li & Fung dibesut pada 1937 di
Canton (sekarang menjadi Guangzhou) oleh kakek Victor dan William, Fung
Pakliu. Bersama mitranya, Li To-ming, mereka mendirikan Li & Fung
sebagai perusahaan trading. Barang-barang yang mereka jual di
antaranya porselen antik dan kerajinan tangan.
Masa sulit buat Li & Fung
terjadi ketika Jepang menduduki Cina dan Hong Kong pada Perang Dunia II. Dan
masa sulit itu kembali menghampiri ketika Partai Komunis yang dipimpin Mao
Zedong menguasai Cina Daratan. Berkuasanya Komunis membuat keluarga Fung --
yang menguasai Li & Fung selepas Li To-ming menjual sahamnya di tahun 1946
-- kehilangan kekayaannya di Cina, dan memusatkan operasionalnya di Hong Kong.
“Saat itu, ayah harus menemukan kembali jati diri perusahaan sebagai perusahaantrading,”
ujar William.
Tangan dingin Fung Hon-chu membuat
Li & Fung bangkit dan berdiri tegak. Seiring pengungsi Cina membanjiri
perbatasan karena tak ingin di bawah penguasaan Mao Zedong, bisnis Li &
Fung pun kian berkembang. Bahkan, menjadi konglomerasi kecil-kecilan lantaran
bukan cuma trading yang mereka jalankan. Bisnis asuransi pun
digeber sampai Fung Hon-chu merasa kewalahan sendiri mengendalikan usahanya,
sehingga harus menyambat dua putranya yang asyik menimba ilmu di AS.
Sebenarnya kedua bersaudara ini
ingin tinggal lebih lama di AS. Namun mereka tak kuasa menampik desakan sang
bunda. “Victor bilang sama saya, 'Kamu sudah seharusnya mencoba seluruh teori
yang kamu pelajari sebagai seorang MBA',” ujar William yang akhirnya pulang
kampung di tahun 1972. Victor bertahan selama setahun untuk mengajar di
almamaternya, Harvard Business School. Tahun berikutnya, 1973, ia menyusul sang
adik pulang kampung.
BAB II
PERMASALAHAN
Industri :
software dan tekstil
Issues :
offshore manufacturing,arbitrage networks,international sourcing
Lokasi :
India,US,China,dan Asia
Kasus utama: " HCL Amerika".
Tunjukkan bagaimana sebuah
perusahaan perangkat lunak kustom pemrograman mengambil keuntungan dari
perbedaan antara Amerika Serikat dan India dalam biaya tenaga kerja terampil
(insinyur perangkat lunak) untuk memberikan pelanggan keahlian langka dan harga
yang lebih rendah. Meminta siswa untuk memeriksa perusahaan
dari sudut pandang pelanggan. HCL Amerika menawarkan pelanggan tiga
cara untuk membeli layanannya. Perusahaan dapat mengirim insinyur untuk
bekerja di tempat pelanggan secara sementara; melakukan pemrograman proyek di
fasilitas AS, atau mengirim pekerjaan ke "pabrik perangkat lunak" di
India.Titik keputusan menyajikan pelanggan potensial, Sateesh Lele, yang harus
memutuskan apakah akan mempekerjakan HCL Amerika, ia harus memutuskan antara
tiga metode pekerjaan di tempat-, di Amerika Serikat, atau di India.
- Bagaimana seharusnya Sateesh Lele
mengalokasikan sisa pekerjaan pada proyek integrasi sistem Telogy: untuk
staf sendiri Telogy, untuk insinyur HCL Amerika bekerja di tempat di
Telogy, untuk insinyur di HCL fasilitas Amerika di Sunnyvale, California,
atau HCL Amerika staf di India melalui offsourcing ?
- Apa jenis bisnis HCL
Amerika? Bagaimana menciptakan nilai?
- Bagaimana HCL dipengaruhi oleh
perkembangan di bidang TI?
- Apa yang harus eksekutif HCL
Amerika lakukan untuk mencapai tujuan mereka increaing pendapatan dari $
22 sampai $ 60 juta dua tahun sementara membuat keuntungan?
5. Apakah
gesekan antara insinyur perangkat lunak menimbulkan masalah serius bagi HCL
Amerika? Jika demikian, bagaimana seharusnya perusahaan Address itu?
6.
Bagaimana
Offshore Manufakturing dari perusahaan ini?
7.
Bagaimanakah
peranan perusahaan HCL dalam International Resourcing ?
8.
Bagaimanakah
jaringan Arbitrasinya?
Li & Fung adalah salah
perusahaan perdagangan terbesar yang mengkhususkan diri dalam sumber biaya
rendah, padat karya barang dagangan dari pemasok di seluruh Asia timur. Pekerjaan utamanya adalah untuk
menghubungkan pabrik Asia dengan pengecer AS dan Eropa dan produsen yang
memiliki desain sendiri untuk barang dagangan dan membutuhkan mereka berpaling
ke produk fisik.
1. Bagaimana Li & Fung menciptakan
nilai bagi pelanggan dan pemasok? Bagaimana perbedaan dalam biaya tenaga
kerja internasional bermain dalam nilai ini?
2. Bagaimana Li & Fung terpengaruh
dengan timbulnya B2B e-commerce?
3.
Menilai
Li & Fung struktur internal, termasuk struktur organisasi dan cara-cara
memotivasi karyawannya. Bagaimana menyelaraskan kepentingan
karyawan dengan kepuasan dan kinerja keuangan Li & Fung?
4. Menilai Li & Fung struktur internal,
termasuk struktur organisasi dan cara-cara memotivasi karyawannya. Bagaimana menyelaraskan kepentingan
karyawan dengan kepuasan dan kinerja keuangan Li & Fung?
5.
Haruskah
William Fung mengikuti rekomendasi Danny Lau untuk memperpanjang percobaan
restrukturisasi untuk semua divisi barang lembut?
BAB
III
LANDASAN
TEORI
1. STRATEGI OPERASI
Strategi
operasi merupakan fungsi operasi yang menetapkan arah untuk pengambilan
keputusan yang diintegrasikan dengan strategi bisnis melalui perencanaan
formal. Menghasilkan pola pengambilan keputusan operasi yang konsisten dan
keunggulan bersaing bagi perusahaan.
Tipe :
1.
Strategi produksi biaya rendah, melalui penekanan
biaya produksi :
Teknologi tinggi, biaya tenaga kerja rendah, tingkat persediaan rendah, mutu terjamin.Bagian pemasaran dan keuangan mendukung.
Teknologi tinggi, biaya tenaga kerja rendah, tingkat persediaan rendah, mutu terjamin.Bagian pemasaran dan keuangan mendukung.
2.
Strategi inovasi produk dan pengenalan produkbaru :
ÜHarga bukan masalah dalam pemasaran.
ÜFleksibilitas dalam pengenalan
produk baru.
2.MANAJEMEN LOGISTIK
Menurut pendapat P. Bowersox, Logistik adalah proses
pengelolaan yang strategis terhadap pemindahan dan penyimpanan strategis
barang, suku cadang dan barang dari para suplier, diantara fasilitas-fasilitas
perusahaan dan kepada para langganan.Manajemen Logistik memiliki fungsi-fungsi
sebagai berikut :
1. Fungsi Perencanaan dan
Penentuan Kebutuhan
2. Fungsi Penganggaran
3. Fungsi Penyimpanan dan
Penyaluran
4. Fungsi Penyimpanan dan
Penyaluran
5. Fungsi Pemeliharaan
6. Fungsi Penghapusan
7. Fungsi Pengendalian
Manajemen logistik
merupakan bagian dari proses supply chain yang berfungsi untuk merencanakan,
melaksanakan, dan mengendalikan keefisienan dan keefektifan penyimpanan dan
aliran barang, pelayanan dan informasi yang
bersangkutan.
Analisa Lokasi Fasilitas Global
Menggunakan factor kunci sukses untuk memilih negara, diantaranya dengan mempertimbangkan tingkat ekonomi nasional,
tingkat inovasi, jumlah penduduk yang trampil, tingkat perubahan teknologi,
stabilitas pemerintahan,
pertanggung jawaban produk, pembatasan ekspor, kesamaan bahasa,
etika kerja,
tingkat pajak,
inflasi, ketersediaan bahan baku,
tingkat bunga,
jumlah penduduk dan ketersediaan sarana jalan.
Risiko
dari Nilai Tukar Valuta Asing dan Biaya Modal
Valuta asing merupakan
perubahan nilai dari suatu mata uang ke mata uang lainnya. Suatu negara dapat
menggunakan valuta asing yang dimiliki untuk melakukan pembayaran dengan negara
lain. Valuta asing akan mempunyai suatu arti apabila valuta tersebut dapat ditukarkan
dengan valuta lainnya tanpa pembatasan. Biaya modal merupakan biaya yang harus
dikeluarkan atau dibayar oleh perusahaan untuk mendapatkan modal yang digunakan
untuk investasi perusahaan. Dengan melakukan kegiatan di bursa valuta asing dan
di pasar modal global, perusahaan memiliki resiko yang besar diantaranya :
·
Perubahan nilai tukar mata uang yang
tidak stabil yang dapat mempengaruhi besarnya tingkat bunga yang harus dibayar,
misalnya pada awal peminjaman nilai tukar stabil sehingga tingkat bunga rendah
tapi setelah terjadi pergerakan nilai tukar (melemah) peminjam harus membayar
bunga lebih tinggi.
·
Jika terjadi gejolak ekonomi, politik,
dan keamanan investor dapat tiba-tiba menarik investasinya atau membatalkan
investasinya.
·
Jika nilai tukar suatu mata uang tinggi
akan mendorong terjadinya impor dan menghambat ekspor dan sebaliknya.
5. Supply Chain Management
Supply chain management adalah manajemen
terhadap aliran antardan diantara tahapan supplychain untuk memaksimalkan profitabilitas
keseluruhan supplychain.
Tantangan dalam Mengelola Supply Chain:
1.
Kompleksitas
Struktur Supply Chain
·
Melibatkan
banyak pihak dengan kepentinganyang berbeda-beda
·
Perbedaan
bahasa, zona waktu dan budayaantar perusahaan
2.
Ketidakpastian
·
Ketidakpastian
permintaan
·
Ketidakpastian
pasokan: lead time pengiriman, harga dan kualitas bahan baku, dll
·
Ketidakpastian
internal: kerusakan mesin, kinerja mesin yang tidak sempurna, ketidak pastian kualitas
produksi dll.
Menurut Turban, Rainer, Porter ( 2004) terdapat 3 macam
komponen rantai suplai, yaitu:
1. Rantai Suplai Hulu / Upstream supply chain meliputi aktivitas dari
suatu perusahaan manufaktur dengan para penyalurannya ( yang mana
dapat manufaktur, assembler, atau kedua-duanya ) dan koneksi mereka
kepada pada penyalur mereka ( para penyalur second-trier ). Hubungan
para penyalur dapat diperluas kepada beberapa strata, semua jalan dari asal
material ( contohnya bijih tambang, pertumbuhan tanaman
). Di dalam upstream supply chain,
aktivitas yang utama adalah pengadaan.
2. Manajemen Internal Suplai Rantai / Internal supply chain management meliputi
semua proses pemasukan barang ke gudang yang digunakan dalam mentransformasikan
masukan dari para penyalur ke dalam keluaran organisasi
itu. Hal ini meluas dari waktu masukan masuk ke dalam organisasi. Di dalam
rantai suplai internal, perhatian yang utama adalah manajemen produksi,
pabrikasi, dan pengendalian persediaan.
3. Segmen Rantai Suplai Hilir / Downstream supply chain segmentmeliputi semua
aktivitas yang melibatkan pengiriman produk kepada pelanggan akhir. Di dalam downstream supply chain, perhatian
diarahkan pada distribusi, pergudangan, transportasi, dan after-sales-service
BAB IV
PEMBAHASAN
1. Bagaimana seharusnya Sateesh Lele
mengalokasikan sisa pekerjaan pada proyek integrasi sistem Telogy: untuk staf
sendiri Telogy, untuk insinyur HCL Amerika bekerja di tempat di Telogy, untuk
insinyur di HCL fasilitas Amerika di Sunnyvale, California, atau HCL Amerika
staf di India melalui offsourcing?Dilihat dari faktor biaya,maka seharusnya Sateesh Lele mengalokasikan
sisa pekerjaan pada proyek integrasi sistem Telogy mengirim pekerjaan itu ke
India melalui offsourcing.Dari informasi yang diperoleh,pelanggan yang mengirim
pekerjaan ke India sering menghemat 50% dari biaya melakukan pekerjaan di
Amerika Serikat.Satu keuntungan offsourcing menawarkan adalah bahwa
panjang sebuah proyek dapat dikurangi karena lebih mudah dan lebih murah untuk
menambah staf sementara di India. Selain itu, perbedaan waktu lebih dari 13 jam
antara India dan California bekerja sebagai keuntungan - ketika tim AS HCL
sedang tidur, tim di India bekerja, dan sebaliknya.Outsourcing teknis tidak
lagi dipandang sebagai alat jangka pendek pemotongan biaya dengan fokus
sekarang beralih ke jangka kompetitif keuntungan.
2. Apa
jenis bisnis HCL Amerika dan bagaimana menciptakan nilai? Penilaian radikal pasar pad atahun 2005 menyebabkan
transformasi internal
besar-besaran di HCL dan berdasarkan wawasan pelanggan, perusahaan
mendirikan
Layanan + portofolio yang
span industry vertical tersebut. Portofolio ini meliputi:
·
IT
Transformasi: APO, SOA & Middleware, ERP, ADM, Legacy, Technologies Web,
Content Management, Verifikasi & Validasi Independen)
·
Operasi
Transformasi: Aplikasi / ERP
Pemeliharaan dan Operasional, Infrastruktur
manajemen
dan
Operasi,
BPO)
·
Transformasi
Teknologi: Rekayasa
Perangkat
Lunak, Sistem
dan
Teknik, Teknik
Mesin,
Software
sebagai
Service
(SaaS)
·
Keterlibatan
pelanggan Milestone untuk
HCL Amerika meliputi:
CA Inc: Melalui kemitraan strategis dengan CA Inc, HCL telah mengambil semua pengembangan riset dan produk yang berhubungan dengan manajemen bisnis CA ancaman keamanan, sedangkan CA tetap mempertahankan semua fungsi penjualan dan pemasaran. Dengan demikian, perusahaan bertujuan untuk mengembangkan bisnis CA ancaman manajemen dengan menggabungkan kekuatan dari kedua organisasi.
CA Inc: Melalui kemitraan strategis dengan CA Inc, HCL telah mengambil semua pengembangan riset dan produk yang berhubungan dengan manajemen bisnis CA ancaman keamanan, sedangkan CA tetap mempertahankan semua fungsi penjualan dan pemasaran. Dengan demikian, perusahaan bertujuan untuk mengembangkan bisnis CA ancaman manajemen dengan menggabungkan kekuatan dari kedua organisasi.
·
Merck
& Co: Padatahun 2007, Merck & Co menandatangani multi-tahun global,
perjanjian multi-layanandengan HCL memperluas
pada
hubungan yang ada yang
dimulai pada tahun 2004. HCL akan
memberikan
dukungan
strategis
untuk
inisiatif Merck TI utama,
yang telah dipilih untuk ke dalamannya teknologi dan pengalaman domain, ditambah
dengan
fleksibilitas
untuk
terlibat
dan
komitmen.
·
Autodesk:
HCL inovatif kesepakatan dengan Autodesk, sebuah
perusahaan Fortune 1000, industry
mencapai
beberapa
"pengalaman
pertama". Perjanjian
adalah
salah
satu
keterlibatan
pertama di mana vendor luar
negeri
bertanggung
jawab
untuk
aplikasi
dan
operasi
infrastruktur
untuk
pelanggan AS, dan
juga
waktu
cemara di mana vendor luar
negeri
memasuki
pasar host aplikasi
manajemen.
Rincian
lebih
lanjut
tentang
perjanjian
dapat
ditemukan
dalam
laporan IDC "Mengubah
Offshore Outsourcing Aplikasi Game: Deal Inovatif HCL dengan Autodesk"
pada www.idc.com.
·
Perusahaan
Boeing: Boeing bermitradengan HCL untuk 787 Dreamliner (sebelumnya
dikenal
sebagai 7E7) program. Dalam
tahun-multi, multi-juta
dolar
perjanjian
pengembangan
perangkat
lunak, HCL menyediakan
perangkat
lunak
dan
pengembangan hardware dan
layanan
verifikasi
dan
validasi
untuk Boeing serta Tier 1
sistem pemasok untuk program 787.
Amerika
·
HCL telah membuka pusat pengiriman di Guadalajara, Meksiko. Pembukaan dari pusat baru ini sejalan dengan strategi HCL untuk memperluas
Delivery Global diseluruhdunia.
·
HCL telah memenangkan kesepakatan untuk mendukung operasi manajemen investasi berbasis Amerika Serikat
Fortune 200 terpadu jasa keuangan perusahaan. Pusat pengiriman global HCL's di
Raleigh, North Carolina akan digunakan untuk memberikan layanan ini.
·
HCL telah menandatangani multi-kontrak layanan dikelola dengan Local
Telecom Carrier Exchange terkemuka di AS. Kesepakatan ini mencakup seluruh aplikasi TI sebagai penyedia layanan telepon,
untuk memberikan layanan ADM / ASM dalam model pengiriman secara global.
·
Sebuah
operator nirkabel terkemuka di
Amerika Serikat telah menandatangani kontrak bernilai jutaan dolar dengan HCL. Ruang lingkup dari kesepakatan kompas arsitektur, desain dan pengembangan pelanggan dihadapi layanan SOA berbasis web untuk 30 juta pelanggan. Aplikasi-aplikasi SOA berbasis web akan diakses oleh gerai ritel pengangkutdi Amerika Serikat.
·
HCL telah dipilih oleh sebuah perusahaan Amerika Serikat terkemuka yang berbasis di ruang CPG untuk memodernisasi TI alamnya menggunakan
SOA.
·
HCL telah memenangkan kontrak
multi-tahun dengan salah satu bank
terbesar di Inggris. HCL akan menyediakan IT outsourcing dan layanan untuk system transformasi inti bank yang mendukung kebijakan buku asuransi yang ditutup.
Bidang Usaha
Nilai diciptakan dengan mengintegrasikan layanan untuk optimasi pada titik-titik
interface dan dampak yang lebih besar akhir-bisnis.
·
Energi dan pelayanan R & D (perangkat keras,
teknik mesin, rekayasa perangkat
lunak)
·
Layanan perusahaan Transportasi (bisnis transportasi,
teknologi transportasi )
·
Proses bisnis outsourcing
·
Aplikasi layanan pelanggan
·
Pengembangan aplikasi, aplikasi Re-engineering dan
Integrasi
·
Manajemen infrastruktur TI
Sektor Industri
Nilai diciptakan oleh HCL kemampuan untuk menggabungkan teknologi dengan pengetahuan bisnis.
a. Aerospace dan Pertahanan
b. Otomotif
c. Elektronik Konsumen
d. Energi dan Utilitas
e. Jasa Keuangan
f. Pemerintah
g. Kesehatan
h. Independent Software Vendor
i.
Industri Manufaktur
j.
Alat Kesehatan
k. Media & Hiburan
l.
Ritel & Konsumen
m. Semi konduktor
n. Server dan Storage
o. Telecom
p. Perjalanan, Transportasi & Logistik
q. Keramahtamahan
3.
Bagaimana HCL dipengaruhi oleh perkembangan
di bidang TI?
Jawaban : HCL
memanfaatkan konsultasi global dan keahlian layanan TI terbesar, hubungan
jangka panjang dengan kelompok yang beraneka ragam dari jumlah 1000 pelanggan
di seluruh Aerospace dan Otomotif, Energi dan nilai guna, Jasa Keuangan
(Perbankan, Pasar Modal dan Asuransi), Pemerintah, Hi-Tech dan Manufacturing, Life Sciences & Healthcare, Media & Entertainment,
Retail & CPG dan Telekomunikasi industri.
HCL merupakan teknologi global terkemuka dan
perusahaanlayanan
TI dengan pendapatan tahunan sebesar US $ 4,9miliar. Perusahaan HCL terdiri dari dua perusahaan yang
terdaftar di India, yaitu HCL Technologies dan HCL Infosystem.
·
HCL technologies
HCL Technologies adalah perusahaan yang relative muda, didirikan 15 tahun yang lalu, pada tahun 1998. Selama periode ini, HCL telah membangun kekuatan unik dalam aplikasi IT (aplikasi kustom untuk solusi industry dan paket implementasi), infrastruktur TI manajemen dan proses bisnis outsourcing, dengan tetap menjaga dan memperluas kepemimpinannya dalam rekayasa produk. HCL juga membangun kedalaman domain melalui strategi mikro-verticalization dalam industry seperti Financial Services, Hi-tech dan Manufaktur, Retail, Media dan Hiburan, Biologi, dan Telecom.
HCL telah menciptakan kemampuan untuk mendistribusikan nilai seluruh pelanggan TI lanskap melalui didistribusikan baik portofolio layanan, kekuatan domain yang signifikan, dan distribusi geografis lokal yang relevan. HCL memiliki portofolio layanan terluas di antara penyedia layanan TI India, dengan masing-masing layanan yang telah mencapai massa kritis.
Usaha bisnis HCL adalah R & D dan
Engineering, Custom Aplikasi, Aplikasi Enterprise, IT Infrastruktur Manajemen, dan BPO Services. Selain itu, HCL baru-baru ini meluncurkan Enterprise
Transformasi persembahan Jasa terdiri dari Bisnis, Teknologi, Aplikasi dan Data Transformasi – empat kebutuhan yang luas dari perusahaan apapun. Kemampuan kita untuk secara sinergis mengintegrasikan pipa servis di seluruh lanskap TI menciptakan zona baru bagi penciptaan nilai. Selain itu, HCL telah menciptakan kepemimpinan layanan unik di masing-masing daerah melalui terbaik-breed of-proposisi unik. HCL kepemimpinan di
bidang-bidang pelayanan telah diakui oleh beberapa analis independen terkemuka.
Pada tahun 2005, HCL mulai mempertanyakan linieritas model bisnis skala-didorong diadopsi oleh penyedia layanan (sebagian besar di bisnis TI aplikasi). Interogasi membawa kami dengan keyakinan bahwa pasar dengan cepat mendekati titik belok, yaitu titik di mana proporsionalitas volume dan nilai akan berubah, membuka peluang baru bagi penyedia jasa yang bercita-cita untuk focus pada nilai. Dengan realisasi ini, HCL memulai perjalanan transformasional yang berfokus pada nilai perhatian pada hubungan pelanggan dan meningkatkan peluang pasar baru, sekaligus menciptakan pengalaman kerja yang unik. Oleh karena itu HCL memasuki tahap baru evolusi – merubah itu dari sebuah penyedia layanan volume-didorong untuk perusahaan nilai-centric yang mengubah teknologi menjadi keunggulan kompetitif bagi semua pelanggan di seluruh dunia. Cara baru Hari HCL's melakukan bisnis sedang diakui oleh Harvard, IDC, Fortune, Forbes, Economist,
Business Week dan sejenisnya
.
·
HCL Infosystem
Menciptakan
LifeLine untuk menghubungkan BisnisInfinet HCL Ltd adalah layanan jaringan
dengan group HCL. Perusahaan ini memiliki ijin untuk beroperasi sebagai kelas
“A”, ISP,ITSP dan penyedia layanan NLD. ISP/ operasi NLD dilakukan melalui
jaringan infrastruktur state of art diseluruh negeri. Infinet HCL Ltd adalah
pemimpin dalam memberikan pelayanan multi data, suara, dan video mendukung
aplikasi IP/ MLS VPN dan internet bandwidth menawarkan berbagai layanan lengkap
perusahaan di seluruh India.
Lampiran
Gambar perusahaan HCL di Amerika
4. Apa
yang harus eksekutif HCL Amerika lakukan untuk mencapai tujuan mereka increaing
pendapatan dari $ 22 sampai $ 60 juta dua tahun sementara membuat keuntungan?
Jawaban : Saat ini kondisi Ekonomi yang masih bagus membantu
perusahaan ini untuk
memperluas dan memperkuat infrastruktur TI mereka, dengan fokus peningkatan
pada Jaringan, berkembangnya bisnis real-time, membantu perusahaan menjadi
lebih efektif biaya, lincah dan efisien, dan berpeluang mendapatkan keuntungan
yang lebih banyak.
5.
Apakah gesekan antara insinyur perangkat lunak menimbulkan
masalah serius bagi HCL Amerika? Jika demikian, bagaimana seharusnya
perusahaan Address itu? Jawaban : Insinyur software menanggapi masalah serius untuk HCL amerika, dengan memilih
keputusan yang sudah di
tawarkan HCL amerika untuk membeli pelayanannya, yaitu perusahaan dapat
mengirim insinyurnya untuk bekerja pada pelanggan utamanya dalam jangka waktu
sementara, melakukan pemrogaman proyek di fasilitas Amerika, atau mengirim pekerjaan untuk
perusahaansoftware di India.
6.
Bagaimana
Offshore Manufakturing dari perusahaan ini?
Jawaban : Solusi dalam
sistem Manufaktur Eksekusi (MES) membantu mengatasi kesenjangan antara Shop
Lantai & Sistem Pengendalian di satu sisi dan tingkat Enterprise sistem ERP
di sisi lain, sehingga menciptakan serangkaian link informasidisinkronisasidanterkoordinasi.
MES kami solusi menghasilkan
kontrol yang lebih ketat terhadap kegiatan manufaktur dan akhirnya, pada
pertama kali, kualitas produk akhir dan pengulangan produksi.HCL's MES solusi
difokuskan pada praktek industri terbaik untuk implementasi dan integrasi,
terlepas dari produk pilihan dari pelanggan. Kami memiliki pengalaman dalam
produk beberapa MES dan menawarkan layanan di bidang konsultasi, implementasi,
integrasi otomatisasi-hilir dan hulu, / Rekayasa Enterprise integrasi, upgrade
dan transformasi warisan &standardisasi.Kamitelahmembantupelanggankamiuntuk:
a. Beberapa evaluasi dari produk rak dan merekomendasikan
pas untuk kebutuhan bisnismereka.
b. Meningkatkan throughput transaksi mereka dengan 2
sampai 10 kali.
c. Mengurangi biaya dukungan dan perawatan sebesar 45%
dengan membuat lingkunganproduksiyanglebihstabil.
d. Mengungguli mereka SLA untuk dipotong-over shutdown
sampai 16 jam terhadap24jamditetapkan.
e. Meningkatkan pengambilan keputusan oleh memastikan
visibilitas time dashboard nyata pada tingkat perusahaan untuk mengoptimalkan
operasi pabrik.
f. Mengurangi manual tenaga kerja di agregasi data dan
pelaporan yang dihasilkan dalamupayapenghematan30%.
g. Lihat manufaktur dan data perangkat dari lokasi
terpencil.
h. Temui kepatuhan terhadap peraturan dan standar
pemerintah
KisahSuksesKami telah menyediakan solusi
ujung ke ujung MES kepada pelanggan di industri,beberapa pelanggan penting adalah sebagai berikut:
Ø Pelaksanaan, pemeliharaan dan dukungan sistem MES
Visiprise berbasis perangkatmedisutama.
Ø Penerapan sistem Camstar MES Insite bagi produsen
ElektronikaDiskrit.
Ø Integrasi sistem Camstar MES Insite dengan Oracle ERP
untuk pemimpinduniadalammikrokontroler.
Ø Custom Solusi untuk produsen Komponen Jaringan Optik,
produsen Solar panel,produsenharddisk.
Ø Legacy Migrasi, integrasi baru dan penilaian kinerja
produsen memori flash
Ø Manufaktur Aplikasi - 24 x 7 Produksi dukungan untuk
dua jurusan geografi meliputi beberapa semikonduktor.
7.
Bagaimanakah
peranan perusahaan HCL dalam International Resourcing ?
Jawaban:HCL berfokus pada 'transformasi
outsourcing', yang menggarisbawahi inovasi dan penciptaan nilai, yang
menawarkan portofolio layanan yang terintegrasi termasuk solusi yang berpusat
pada piranti lunak, remote infrastructure management, teknik dan layanan
R&D serta BPO. HCL memanfaatkan jaringan infrastruktur global yang luas
baik di dalam maupun luar negeri dengan jaringan kantor di 26 negara guna
memberikan layanan holistik, multi-service di industri kunci termasuk sektor
finansial, manufaktur, layanan konsumen, layanan publik dan kesehatan. HCL
menjunjung tinggi filosofi 'Karyawan adalah yang Utama' dengan jumlah SDM
sekitar 70,218 untuk menciptakan nilai yang nyata bagi para pelanggannya.
HCL Technologies dan anak
perusahaannya memiliki pendapatan konsolidasi sebesar US$ 2,9 milyar (RS.
13,145 crores) per tanggal 30 September 2010 (secara
LTM).
HCL melakukan pendekatan fokus
pengembangan karyawan dengan memberikan apapun yang karyawan butuhkan untuk
berhasil: baik itu asisten virtual atau sabbaticals bakat transformasi;
bimbingan ahli atau pertumbuhan jalur cepat, damai dalam atau pemberdayaan
demokratis. Pada HCL, apa yang kita miliki adalah Lima Fold Path untuk
Pencerahan Individu. Ini memastikan bahwa mereka diberi Dukungan, Pengetahuan,
Recognition, Pemberdayaan, dan Transformasi.
8. Bagaimanakah jaringan Arbitrasinya?
Jawaban :HCL menciptakan Lifeline untuk Menghubungkan Bisnis Ltd Infinet HCL adalah
Layanan Jaringan lengan Grup HCL. Perusahaan ini memiliki izin semua untuk
beroperasi sebagai Kelas "A" ISP, ITSP dan penyedia layanan NLD.ISP /
operasi NLD dilakukan melalui jaringan infrastruktur state-of-art di seluruh
negeri.HCL Infinet Ltd adalah pemimpin dalam memberikan pelayanan multi data,
suara dan Video mendukung aplikasi IP / MLS "VPN dan Internet bandwidth
menawarkan berbagai layanan lengkap berhasil Enterprise di seluruh India.
HCL
Infosystems portofolio produk meliputi seluruh spektrum teknologi informasi
kebutuhan para nasabahnya.Berdasarkan keragaman besar pasar dan pelanggan bahwa
itu alamat, HCL Infosystems produk penawaran meliputi segala sesuatu dari high
end server tingkat perusahaan untuk aplikasi misi penting untuk komputer rumah
multimedia.
Menawarkan
spektrum yang luas dari layanan yang melibatkan Fasilitas Manajemen,
Infrastruktur Jasa, Infostructure Services dan Strategis Outsourcing, HCL
Infosystems ujung ke ujung menawarkan solusi hardware.
HCL Infinet
menawarkan rangkaian lengkap solusi internet dan jaringan seperti VPN,
Internet, Network Management Services, Data Center dan Co-location Pertambahan
Nilai Jasa dan Layanan seperti Internet Telephony dan Enterprise Mailing Solusi
dll.
2. Li & Fung
Li
& Fung tumbuh dari perdagangan ekspor tradisional, perusahaan yang
didirikan pada tahun 1906 oleh Pak-Fung Liu dan Li To-Ming di Guangzhou China,
ke global. Supply chain management seperti sekarang ini. Di bawah sinergi yang
kuat dari dua bersaudara lulusan Harvard – Victor Fungdan William Fung,
perusahaan menerima ide-ide baru dan inovasi dalam teknologi dan manajemen,
membawa perusahaan kepada reputasi internasional. Pada akhir tahun 2003, Li
& Fung memiliki total pegawai 5.956 orang, dimana 2.055 orang berbasis di
Hongkong dan 3.901 orang berada di luar negeri di seluruh jaringan Li &
Fung di 38 negara. Pada tahun 2003, Li & Fung menghasilkan penjualan dari
HK$ 42.63 milyar dan pendapatan bersih sebesar HK$ 1.21 milyar dengan kantor di
40 negara. Fung bersaudara berpendidikan Harvard, Victor dan William telah
menjadi arsitek kesuksesan perusahaan. Mereka percaya bahwa di zaman internet,
perdagangan perantara memiliki peran penting untuk bermain. Mereka merasa bahwa
peran seorang pedagang melampaui sekedar mencocokkan kebutuhan pembeli dengan
penjual namun menambah value secara inovetif. Li & Fung juga menyadari
bahwa ia harus terus berinovasi untuk tetap di depan pemain lain dalam bisnis
dimana keunggulan kompetitif yang berkelanjutan semakin sulit didapat.
Li&Fung
mengelola supply chain dengan konsep yang mereka namakan disperced
manufacturing. Prinsipnya adalah membagi-bagi kegiatan di sepanjang value chain
dan mengalokasikan masing-masing kegiatan tersebut ke pihak yang paling tepat
untuk mengerjakannya. Untuk produk boneka anak-anak misalnya pada tahun 80-an
mereka merancang sendiri produknya maupun cetakannya di Hongkong. Rancangan
produk dan cetakan ini kemudian dikirim ke China untuk memproduksi
boneka-boneka sesuai dengan rancangan dan menggunakan cetakan yang sudah dibuat
di hongkong. Setelah produk selesai, produk ini kemudian harus dikirim kembali
ke Hongkong untuk keperluan pengecekan kualitas dan pengepakan. Pekerjaan
pengepakan dilaukan di Hongkong karena pada saat itu Cina belum mampu mencetak
kemasan dengan kualitas tinggi. Kemudian, pengiriman ke luar negeri juga
dilakukan dari Hongkong dengan memanfaatkan infrastruktur pelabuhan maupun
perbankan yang sangat bagus disana.
Jadi tampak
bahwa Li&Fung melakukan sendiri pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan
teknologi dan memiliki nilai tambah tinggi (front end berupa perancangan produk
dan cetakan dan back end berupa pengecekan kualitas dan pengiriman). Pekerjaan
yang ada ditengah yang bersifat padat karya, dikirim ke wilayah Cina selatan
yang tenaga kerjanya murah. Secara keseluruhan Li&Fung memiliki lebih dari
7500 jaringan supplier di seluruh dunia.
Li
& Fung menyuplai dan mengelola rantai pasokan global untuk high-volume dan
time-sensitive barang-barang konsumen bagi perusahaan-perusahaan besar dan
sukses seperti The Limited, Warner Brothers, Avon, Bed, Bath & Beyond, dan
sebagainya. Li & Fung menikmati keunggulan kompetitif dalam hal
kemampuannya untuk secara efisien mengatur seluruh rantai nilai proses produksi
yang dilakukan sangat efisien dalam lingkungan virtual. Tujuannya adalah untuk
menambah nilai pada setiap tahap proses produksi. Dengan di internet datang
dari revolusi, Fung bersaudara itu sangat cepat memahami dan beradaptasi dengan
perubahan teknologi baru dan implikasinya. Mereka memahami internet sebagai
alat yang ampuh dan menganalisis dampak yang mungkin bisa saja terjadi bagi perusahaan.
Li & Fung bergabung dengan perusahaan teknologi savvy-castling, untuk
membentuk lifung.com. Intranet dan extranet teknologi telah berhasil diterapkan
di Li & Fung pada tahun 1995 dan 1997, mengahasilkan peningkatan efisien
dan mengurangi biaya. Kekuatan teknologi informasi dilanjutkan dengan
meluncurkan studiodirect.com, yang ditujukan untuk menargetkan pasar UKM (Usaha
Kecil dan Menengah ukuran Enterprise). Teknologi baru dan sistem informasi yang
membantu Li & Fung meningkatkan competitive advantage dengan memperkuat
hubungan dan mendorong pembagian informasi baik dalam organisasi dan antara
organisasi dan dengan beragam supply chain clients.
Kegiatan utama adalah
kegiatan yang secara langsung berkaitan dengan produksi dan distribusi produk
dan jasa dari perusahaan. Bauran produk Li & Fung termasuk barang-barang
hard dan soft (Hard good dan Soft good) memiliki margin lebih tinggi secara signifikan
sebesar 10%-30%. Kegiatan utama menciptakan nilai bagi perusahaan dan termasuk
inbound logistik, operasi, outbound logistik, penjualan, pemasaran dan
pelayanan. Li & Fung, kegiatan utama termasuk menerima pesanan dari
pelanggan, menganalisis persyaratan pelanggan dan pengadaan bahan baku,
mendistribusikan pesanaan ini dan bahan baku untuk pabrik yang paling tepat
untuk pesanan ini, kemudian memastikan jaminan kualitas dan memastikan bahwa
ekspor dan perusahaan pengiriman logistik mengantarkan produk pada waktu yang
tepat. Kegiatan utama juga akan mencakup personel sales yang terlibat dalam
pemasaran produk dan layanan yang diberikan grup untuk mengelola layanan purna
jual persyaratan. Support Activities membuat pengiriman produk utama dan
meliputi manajemen, administrasi, sumber daya manusia, teknologi dan departemen
procurement.
1.
Bagaimana
Li & Fung menciptakan nilai bagi pelanggan dan pemasok? Bagaimana perbedaan dalam biaya tenaga
kerja internasional bermain dalam nilai ini?
Nilai yang diberikan Li
& Fung adalah pandahan dan pilihan global dalam melakukan tugas. Melalui
pengetahuan mereka dari berbagai pemasok bahan baku, produsen, dan pengirim. Li
& Fung bisa memberikan kualitas tinggi dan kehandalan dalam semua aspek
pemenuhan pesanan. Pengetahuan ini digabungkan dengan manajemen informasi
terpusat canggih membuat layanan cepat dan dapat diandalkan.
Li & Fung perlu
untuk menilai kemungkinan dan biaya atau manfaat end-to-end rantai pasokan yang
didasarkan pada peningkatan komunikasi teknologi di negara berkembang. Li &
Fung harus menggunakan staf mereka sendiri, dengan setiap pemasok, sehingga
menjamin data bisnis yang valid dalam sistem mereka. Dari sudut pandang
penilaian pasar mereka harus membuktikan nilai dari biaya versus pendatang lain
ke dalam bidang ini. Mereka juga perlu menjaga klien existing dan bagaimana
mengatur cost terhadap portal B2B.
Sedangkan untuk
perbedaan biaya tenaga kerja, biaya tenaga kerja di China lebih murah dibanding
tenaga kerja yang ada di cabang internasional. Karena UMR di China yang memang
lebih rendah dibanding negara lain.
2.
Bagaimana
Li & Fung terpengaruh dengan timbulnya B2B e-commerce?
Li & Fung berhasil
membuat portal bagi perusahaan mereka sendiri. Dengan portal ini Li & Fung
dapat melayani pelanggan internasionalnya. Dalam hal ini Li & Fung
memperoleh keuntungan dalam pasar UKM yang belum terlayani dengan menawarkan
kustomisasi terabatas dan komisi yang lebih rendah dibanding kompetitor lain.
3.
Jika
Charles Ho (Li & Fung HX divisi manajer) mengirim pesanan Classique untuk
Qingdao, Cina, atau Filipina? Jika dia mengirimkan perintah untuk
China, seharusnya dia meminta divisi HV untuk mengawasi itu? Jika ia mengirimkannya ke Cina dan staf
sendiri mengawasi itu, berapa banyak kunjungan yang harus mereka buat ke
pabrik, dua, tiga, atau empat? Pertimbangkan kepentingan pribadi
manajer divisi, serta mereka dari pelanggan dan Li & Fung.
Jika manajer divisi
menginginkan kulitas yang baik terhadap produknya, sebaikya kunjungan dilakukan
tiga sampai empat kali. Karena biaya kunjungan juga lebih murah selama
kunjungan yang dilakukan berada di China. Karena jika kunjungan dilakukan di
Filipina akan memakan biaya yang besar dalam transportasinya sendiri.
4.
Menilai
Li & Fung struktur internal, termasuk struktur organisasi dan cara-cara
memotivasi karyawannya. Bagaimana menyelaraskan kepentingan
karyawan dengan kepuasan dan kinerja keuangan Li & Fung?
Dalam menyelaraskan kepentingan karyawan dengan
kepuasan dan kinerja keuangan, Li & Fung selalu menggunakan staf sendiri
untuk melakukan semua kegiatan perusahaan daripada mencari staf luar
(ofsource). Selain menghemat biaya tenaga kerja, data bisnis yang mereka terima
dijamin kerahasiaannya dan kevalidannya.
5.
Haruskah
William Fung mengikuti rekomendasi Danny Lau untuk memperpanjang percobaan
restrukturisasi untuk semua divisi barang lembut?
Sebaiknya William Fung mengikuti rekomendasi Danny
Lau untuk memperpanjang percobaan restrukturisasi divisi soft goods. Soft goods
Li & Fung diantaranya adalah tekstil dan garment. Dengan perkembangan
teknologi, kebutuhan garment & tekstil semakin bertambah, dan negara China
pada tahun 2012 tercatat telah menguasai 42% perdagangan tekstil dunia. Jadi,
siapa tahu margin Li & Fung dalam divisi soft goods bisa bertambah.
BAB V
KESIMPULAN
1. HCL
Perusahaan
ini merupakan perusahaan consulting yang berkantor di Amerika dan di India.HCL
Amerika secara ketat sebuah perusahaan perangkat lunak yang mengkhususkan diri
dalam sistem Unix dan software aplikasi database. Ketika didirikan pada tahun
1988,perusahaan berusaha masuk ke pasar AS melalui multiprosesor simetrik.HCL
telah menambahkan berbagai ekstensi untuk sistem
operasiuntukmembuatnyalebihkuat.
HCL Sebagai pelopor pemanfaatan komputer secara
modern, HCL telah bertranformasi menjadi perusahaan global. HCL menjangkau
bidang produk engineering, custom & package applications, Business Process
Outsourcing, jasa infrastruktur IT, hardware IT, sistem integrasi, dan
teknologi informasi dan komunikasi.
Kaitannya dengan pembahasan kasus, seharusnya keputusan Sateesh Lele mengalokasikan
sisa pekerjaan pada proyek integrasi sistem Telogy yaitu dengan mengirim
pekerjaan itu ke India melalui offsourcing.Keputusan ini dinilai sangat
strategis karena menurut informasi yang diperoleh,pelanggan yang mengirim
pekerjaan ke India sering menghemat 50% dari biaya melakukan pekerjaan di
Amerika Serikat.Satu keuntungan offsourcing menawarkan adalah
bahwa panjang sebuah proyek dapat dikurangi karena lebih mudah dan lebih murah
untuk menambah staf sementara di India. Selain itu, perbedaan waktu lebih dari
13 jam antara India dan California bekerja sebagai keuntungan - ketika tim AS
HCL sedang tidur, tim di India bekerja, dan sebaliknya.Outsourcing teknis tidak
lagi dipandang sebagai alat jangka pendek pemotongan biaya dengan fokus
sekarang beralih ke jangka kompetitif keuntungan.
Pengembangan
tekhnologi dari HCL Amerika mampu menditribusikan nilai seluruh pelanggan TI
melalui distribusi portofolio layanan& geografis lokal yang relevan.Sekarang ini perusahaan HCL terus memperluas dan
memperkuat infrastruktur TI mereka, dengan fokus peningkatan pada Jaringan,
berkembangnya bisnis real-time, membantu perusahaan menjadi lebih efektif
biaya, lincah dan efisien, dan berpeluang mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.
2. Li & Fung
Li
& Fung menikmati keunggulan kompetitif dalam hal kemampuannya untuk secara
efisien mengatur seluruh rantai nilai proses produksi yang dilakukan sangat
efisien dalam lingkungan manufaktur virtual. Tujuannya adalah untuk menambah
nilai pada setiap tahap proses produksi. Dengan adanya program B2B e-commerce
Li & Fung bisa memperoleh keuntungan ini dalam pasar UKM yang belum
terlayani dengan menawarkan kustomisasi terbatas dan komisi yang lebih rendah
dibanding kompetitor lainnya. Teknologi baru ini memungkinkan Li & Fung
untuk memperluas dan diversifikasi bisnis tradisional.
Komentar
Posting Komentar