Manajemen Operasi Global: "ANALISIS OPERASI PERUSAHAAN HCL AMERIKA DAN LI & FUNG"


BAB I
PENDAHULUAN
1. HCL (Hindustan Computers Limited)
HCL Amerika didirikan pada tahun 1989 lokasi di Sunnyvale, California. Dengan lebih dari 3.000 orang karyawan pada 21 kantor di 15 negara, HCL Amerika memberikan kontribusi 55,9% dari total Consulting HCL di seluruh dunia dan pendapatan Jasa TI dan tumbuh 34,2%  selama kuartal yang berakhir Juni 2008.
HCL didrikan oleh Shiv Nadar (Tamil). Dia adalah seorang industrialis India. Dia adalah ketua dan kepala pejabat strategi HCL Technologies. Pada 2011, kekayaan pribadi adalah $ 5600000000. Shiv Nadar mendirikan HCL pada pertengahan 1970-an dan mengubah perusahaan TI hardware menjadi Perusahaan TI selama tiga dekade berikutnya dengan terus-menerus fokus pada perusahaannya. Pada tahun 2008, Nadar dianugerahi Padma Bhushan untuk usahanya di industri TI. Memiliki fokus usahanya dalam mengenbangkan sistem pendidikan di India melalui SSN Trust.
HCL merupakan perusahaan teknologi global dan IT dengan laporan pendapatan US$ 5.7 Miliyar. HCL terdiri dari dua perusahaan yang terdaftar di india, HCL Tehcnologies dan HCL Infosystem. Tiga dekade lamanya, perusahaan yang didirikan pada tahun 1976 adalah satu perusahaan teknologi original di India. Melakukan penawaran span R&D dan pelayanan teknologi, perusahaan dan konsultasi aplikasi. Tim HCL terdiri dari 79.000 tenaga profesional dari berbagai negara, beroperasi di 31 negara termasuk 500 poin dari presentase di India. HCL memiliki partnership dengan pemimpin terkemuka 1000 perusahaan, termasuk beberapa Teknologi informasi dan mayor teknologi.
Amerika
HCL telah membuka pusat pengiriman di Guadalajara, Meksiko. Pembukaan dari pusat baru ini sejalan dengan strategi HCL untuk memperluas Delivery Global  di seluruh dunia.
HCL telah memenangkan kesepakatan untuk mendukung operasi manajemen investasi berbasis Amerika Serikat Fortune 200 terpadu jasa keuangan perusahaan. Pusat  pengiriman global HCL's di Raleigh, North Carolina akan digunakan untuk memberikan layanan ini.
HCL telah menandatangani multi-kontrak layanan dikelola dengan Local Telecom Carrier Exchange terkemuka di AS. Kesepakatan ini mencakup seluruh aplikasi TI  sebagai penyedia layanan telepon, untuk memberikan layanan ADM / ASM  dalam model pengiriman secaraglobal.
Sebuah operator nirkabel terkemuka di Amerika Serikat telah menandatangani kontrak bernilai jutaan dolar dengan HCL.Ruang lingkup dari kesepakatan kompas arsitektur, desain dan pengembangan pelanggan dihadapi layanan SOA berbasis web untuk 30 juta pelanggan. Aplikasi-aplikasi SOA berbasiswebakandiaksesolehgerairitelpengangkutdi Amerika Serikat.
HCL telah dipilih oleh sebuah perusahaan Amerika Serikat terkemuka yang berbasis di ruang CPG untuk memodernisasi TI alamnyamenggunakan SOA.
HCL telah memenangkan kontrak multi-tahun dengan salah satu bank terbesar di Inggris. HCL akan menyediakan IT outsourcing dan layanan untuk sistem transformasi inti bank yang mendukung kebijakan buku asuransi yang ditutup.
Lampiran
Gambar HCL Business Model
2. Li & Fung
Berawal dari ancaman sang ibu, dua kakak-beradik ini sukses menjadikan perusahaan tak sekadar makelar dagang. Mereka kini menjadi penentu rantai pasokan bisnis global.
Awal 2006 tampaknya menjadi momen yang tak akan dilupakan kakak-beradik Victor Fung dan William Fung. Maklum, keduanya oleh Forbes dinobatkan sebagai Asia Businessmen of the Year 2006. Sebuah pengakuan prestisius atas kinerja mereka sebagai pebisnis kelas dunia.
Tentu saja Forbes tak asal memilih. Victor dan William telah menggerakkan Li & Fung menjadi perusahaan yang disegani. Bayangkan. Sejak 1992, pertumbuhan penjualannya mencapai 22% per tahun, sementara laba bersihnya tumbuh 23% per tahun. Pertengahan 2005, dengan penjualan mencapai US$ 3 miliar, perusahaan ini mencetak laba bersih sebesar US$ 79 juta.
“Kini, kami menjadi contoh perusahaan generasi baru, perusahaan yang datang dari Asia, dengan warisan Cina, yang mampu beroperasi di dunia global,” ujar Victor (60 tahun), Chairman Li & Fung penuh rasa bangga. “Mereka sukses menunggangi gelombang interkoneksi dunia,” puji Chairman HSBC Holdings, SirJohn Bond, yang bukan cuma mengenal Victor dan William (Managing Director Li & Fung), tapi juga mengenal baik ayah dua orang ini, Fung Hon-chu ketika masih mengoperasionalkan perusahaan. “Mereka telah mentransformasikan perusahaan ini dari bisnis keluarga menjadi perusahaan kelas dunia,” ia menambahkan.
Sir John Bond benar. Victor dan William memang sukses mentransformasikan perusahaan ini. Transformasi pertama diawali telepon mengagetkan di tahun 1972. Ketika itu, William yang baru berusia 23 tahun menerima panggilan dari ibunya di Hong Kong.“Ibu bilang kalau kami tak segera pulang dan membantu, ayah akan bunuh diri,” ujarnya mengenang.
Seperti abangnya, William dikirim Fung Hon-chu untuk menuntut ilmu di Amerika Serikat. Di negeri ini, keduanya sukses. Victor mendapat gelar sarjana dan master teknik elektro dari Massachussetts Institute of Technology, serta Ph.D ekonomi bisnis dari Harvard Business School. Sementara itu, William meraih sarjana teknik dari Princeton University dan MBA dari Harvard. Ketika sang ibu menelepon, ayah mereka berusia 61 tahun. Saat itu Fung Hon-chu telah menjadikan Li & Fung perusahaan dengan bisnis yang terdiversifikasi. Ia telah sukses menyelamatkan bisnis keluarga dari masa-masa yang sulit.
Li & Fung dibesut pada 1937 di Canton (sekarang menjadi Guangzhou) oleh kakek Victor dan William, Fung Pakliu. Bersama mitranya, Li To-ming, mereka mendirikan Li & Fung sebagai perusahaan trading. Barang-barang yang mereka jual di antaranya porselen antik dan kerajinan tangan.
Masa sulit buat Li & Fung terjadi ketika Jepang menduduki Cina dan Hong Kong pada Perang Dunia II. Dan masa sulit itu kembali menghampiri ketika Partai Komunis yang dipimpin Mao Zedong menguasai Cina Daratan. Berkuasanya Komunis membuat keluarga Fung -- yang menguasai Li & Fung selepas Li To-ming menjual sahamnya di tahun 1946 -- kehilangan kekayaannya di Cina, dan memusatkan operasionalnya di Hong Kong. “Saat itu, ayah harus menemukan kembali jati diri perusahaan sebagai perusahaantrading,” ujar William.
Tangan dingin Fung Hon-chu membuat Li & Fung bangkit dan berdiri tegak. Seiring pengungsi Cina membanjiri perbatasan karena tak ingin di bawah penguasaan Mao Zedong, bisnis Li & Fung pun kian berkembang. Bahkan, menjadi konglomerasi kecil-kecilan lantaran bukan cuma trading yang mereka jalankan. Bisnis asuransi pun digeber sampai Fung Hon-chu merasa kewalahan sendiri mengendalikan usahanya, sehingga harus menyambat dua putranya yang asyik menimba ilmu di AS.
Sebenarnya kedua bersaudara ini ingin tinggal lebih lama di AS. Namun mereka tak kuasa menampik desakan sang bunda. “Victor bilang sama saya, 'Kamu sudah seharusnya mencoba seluruh teori yang kamu pelajari sebagai seorang MBA',” ujar William yang akhirnya pulang kampung di tahun 1972. Victor bertahan selama setahun untuk mengajar di almamaternya, Harvard Business School. Tahun berikutnya, 1973, ia menyusul sang adik pulang kampung.


BAB II
PERMASALAHAN
Industri           : software dan tekstil
Issues              : offshore manufacturing,arbitrage networks,international sourcing
Lokasi             : India,US,China,dan Asia

Kasus utama: " HCL Amerika".
Tunjukkan bagaimana sebuah perusahaan perangkat lunak kustom pemrograman mengambil keuntungan dari perbedaan antara Amerika Serikat dan India dalam biaya tenaga kerja terampil (insinyur perangkat lunak) untuk memberikan pelanggan keahlian langka dan harga yang lebih rendah. Meminta siswa untuk memeriksa perusahaan dari sudut pandang pelanggan. HCL Amerika menawarkan pelanggan tiga cara untuk membeli layanannya. Perusahaan dapat mengirim insinyur untuk bekerja di tempat pelanggan secara sementara; melakukan pemrograman proyek di fasilitas AS, atau mengirim pekerjaan ke "pabrik perangkat lunak" di India.Titik keputusan menyajikan pelanggan potensial, Sateesh Lele, yang harus memutuskan apakah akan mempekerjakan HCL Amerika, ia harus memutuskan antara tiga metode pekerjaan di tempat-, di Amerika Serikat, atau di India.
  1. Bagaimana seharusnya Sateesh Lele mengalokasikan sisa pekerjaan pada proyek integrasi sistem Telogy: untuk staf sendiri Telogy, untuk insinyur HCL Amerika bekerja di tempat di Telogy, untuk insinyur di HCL fasilitas Amerika di Sunnyvale, California, atau HCL Amerika staf di India melalui offsourcing ?
  2. Apa jenis bisnis HCL Amerika? Bagaimana menciptakan nilai?
  3. Bagaimana HCL dipengaruhi oleh perkembangan di bidang TI?
  4. Apa yang harus eksekutif HCL Amerika lakukan untuk mencapai tujuan mereka increaing pendapatan dari $ 22 sampai $ 60 juta dua tahun sementara membuat keuntungan?
5.      Apakah gesekan antara insinyur perangkat lunak menimbulkan masalah serius bagi HCL Amerika? Jika demikian, bagaimana seharusnya perusahaan Address itu?
6.      Bagaimana Offshore Manufakturing dari perusahaan ini?
7.      Bagaimanakah peranan perusahaan HCL dalam International Resourcing ?
8.      Bagaimanakah jaringan Arbitrasinya?
Li & Fung adalah salah perusahaan perdagangan terbesar yang mengkhususkan diri dalam sumber biaya rendah, padat karya barang dagangan dari pemasok di seluruh Asia timur. Pekerjaan utamanya adalah untuk menghubungkan pabrik Asia dengan pengecer AS dan Eropa dan produsen yang memiliki desain sendiri untuk barang dagangan dan membutuhkan mereka berpaling ke produk fisik.
1.    Bagaimana Li & Fung menciptakan nilai bagi pelanggan dan pemasok? Bagaimana perbedaan dalam biaya tenaga kerja internasional bermain dalam nilai ini?
2.    Bagaimana Li & Fung terpengaruh dengan timbulnya B2B e-commerce?
3.    Menilai Li & Fung struktur internal, termasuk struktur organisasi dan cara-cara memotivasi karyawannya. Bagaimana menyelaraskan kepentingan karyawan dengan kepuasan dan kinerja keuangan Li & Fung?
4.    Menilai Li & Fung struktur internal, termasuk struktur organisasi dan cara-cara memotivasi karyawannya. Bagaimana menyelaraskan kepentingan karyawan dengan kepuasan dan kinerja keuangan Li & Fung?
5.    Haruskah William Fung mengikuti rekomendasi Danny Lau untuk memperpanjang percobaan restrukturisasi untuk semua divisi barang lembut?



BAB III
LANDASAN TEORI
1. STRATEGI OPERASI
Strategi operasi merupakan fungsi operasi yang menetapkan arah untuk pengambilan keputusan yang diintegrasikan dengan strategi bisnis melalui perencanaan formal. Menghasilkan pola pengambilan keputusan operasi yang konsisten dan keunggulan bersaing bagi perusahaan.
Tipe :
1.      Strategi produksi biaya rendah, melalui penekanan biaya produksi :
Teknologi tinggi, biaya tenaga kerja rendah, tingkat persediaan rendah, mutu terjamin.Bagian pemasaran dan keuangan mendukung.
2.      Strategi inovasi produk dan pengenalan produkbaru :
ÜHarga bukan masalah dalam pemasaran.
ÜFleksibilitas dalam pengenalan produk baru.
2.MANAJEMEN LOGISTIK
Menurut pendapat P. Bowersox, Logistik adalah proses pengelolaan yang strategis terhadap pemindahan dan penyimpanan strategis barang, suku cadang dan barang dari para suplier, diantara fasilitas-fasilitas perusahaan dan kepada para langganan.Manajemen Logistik memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut :
        1. Fungsi Perencanaan dan Penentuan Kebutuhan
        2. Fungsi Penganggaran
        3. Fungsi Penyimpanan dan Penyaluran
        4. Fungsi Penyimpanan dan Penyaluran
        5. Fungsi Pemeliharaan
        6. Fungsi Penghapusan
7. Fungsi Pengendalian
Manajemen logistik merupakan bagian dari proses supply chain yang berfungsi untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan keefisienan dan keefektifan penyimpanan dan aliran barang, pelayanan dan informasi yang bersangkutan.
Analisa Lokasi Fasilitas Global
Menggunakan factor kunci sukses untuk memilih negara, diantaranya dengan mempertimbangkan tingkat ekonomi nasional, tingkat inovasi, jumlah penduduk yang trampil, tingkat perubahan teknologi, stabilitas pemerintahan, pertanggung jawaban produk, pembatasan ekspor, kesamaan bahasa, etika kerja, tingkat pajak, inflasi, ketersediaan bahan baku, tingkat bunga, jumlah penduduk dan ketersediaan sarana jalan.

Risiko dari Nilai Tukar Valuta Asing dan Biaya Modal
Valuta asing merupakan perubahan nilai dari suatu mata uang ke mata uang lainnya. Suatu negara dapat menggunakan valuta asing yang dimiliki untuk melakukan pembayaran dengan negara lain. Valuta asing akan mempunyai suatu arti apabila valuta tersebut dapat ditukarkan dengan valuta lainnya tanpa pembatasan. Biaya modal merupakan biaya yang harus dikeluarkan atau dibayar oleh perusahaan untuk mendapatkan modal yang digunakan untuk investasi perusahaan. Dengan melakukan kegiatan di bursa valuta asing dan di pasar modal global, perusahaan memiliki resiko yang besar diantaranya :
·         Perubahan nilai tukar mata uang yang tidak stabil yang dapat mempengaruhi besarnya tingkat bunga yang harus dibayar, misalnya pada awal peminjaman nilai tukar stabil sehingga tingkat bunga rendah tapi setelah terjadi pergerakan nilai tukar (melemah) peminjam harus membayar bunga lebih tinggi.
·         Jika terjadi gejolak ekonomi, politik, dan keamanan investor dapat tiba-tiba menarik investasinya atau membatalkan investasinya.
·         Jika nilai tukar suatu mata uang tinggi akan mendorong terjadinya impor dan menghambat ekspor dan sebaliknya.
5. Supply Chain Management
Supply chain management adalah manajemen terhadap aliran antardan diantara tahapan supplychain untuk memaksimalkan profitabilitas keseluruhan supplychain.
Tantangan dalam Mengelola Supply Chain:
1.      Kompleksitas Struktur Supply Chain
·         Melibatkan banyak pihak dengan kepentinganyang berbeda-beda
·         Perbedaan bahasa, zona waktu dan budayaantar perusahaan
2.      Ketidakpastian
·         Ketidakpastian permintaan
·         Ketidakpastian pasokan: lead time pengiriman, harga dan kualitas bahan baku, dll
·         Ketidakpastian internal: kerusakan mesin, kinerja mesin yang tidak sempurna, ketidak pastian kualitas produksi dll.
Menurut Turban, Rainer, Porter ( 2004) terdapat 3 macam komponen rantai suplai, yaitu:
1.      Rantai Suplai Hulu / Upstream supply chain meliputi aktivitas dari suatu perusahaan manufaktur dengan para penyalurannya ( yang mana dapat manufaktur, assembler, atau kedua-duanya ) dan koneksi mereka kepada pada penyalur mereka ( para penyalur second-trier ). Hubungan para penyalur dapat diperluas kepada beberapa strata, semua jalan dari asal material ( contohnya bijih tambang, pertumbuhan tanaman ). Di dalam upstream supply chain, aktivitas yang utama adalah pengadaan.
2.      Manajemen Internal Suplai Rantai / Internal supply chain management meliputi semua proses pemasukan barang ke gudang yang digunakan dalam mentransformasikan masukan dari para penyalur ke dalam keluaran organisasi itu. Hal ini meluas dari waktu masukan masuk ke dalam organisasi. Di dalam rantai suplai internal, perhatian yang utama adalah manajemen produksi, pabrikasi, dan pengendalian persediaan.
3.      Segmen Rantai Suplai Hilir / Downstream supply chain segmentmeliputi semua aktivitas yang melibatkan pengiriman produk kepada pelanggan akhir. Di dalam downstream supply chain, perhatian diarahkan pada distribusi, pergudangan, transportasi, dan after-sales-service


BAB IV
PEMBAHASAN

1. HCL
1.      Bagaimana seharusnya Sateesh Lele mengalokasikan sisa pekerjaan pada proyek integrasi sistem Telogy: untuk staf sendiri Telogy, untuk insinyur HCL Amerika bekerja di tempat di Telogy, untuk insinyur di HCL fasilitas Amerika di Sunnyvale, California, atau HCL Amerika staf di India melalui offsourcing?Dilihat dari faktor biaya,maka seharusnya Sateesh Lele mengalokasikan sisa pekerjaan pada proyek integrasi sistem Telogy mengirim pekerjaan itu ke India melalui offsourcing.Dari informasi yang diperoleh,pelanggan yang mengirim pekerjaan ke India sering menghemat 50% dari biaya melakukan pekerjaan di Amerika Serikat.Satu keuntungan offsourcing menawarkan adalah bahwa panjang sebuah proyek dapat dikurangi karena lebih mudah dan lebih murah untuk menambah staf sementara di India. Selain itu, perbedaan waktu lebih dari 13 jam antara India dan California bekerja sebagai keuntungan - ketika tim AS HCL sedang tidur, tim di India bekerja, dan sebaliknya.Outsourcing teknis tidak lagi dipandang sebagai alat jangka pendek pemotongan biaya dengan fokus sekarang beralih ke jangka kompetitif keuntungan.

2.      Apa jenis bisnis HCL Amerika dan bagaimana menciptakan nilai? Penilaian radikal pasar pad atahun 2005 menyebabkan transformasi internal besar-besaran di HCL dan berdasarkan wawasan pelanggan, perusahaan mendirikan Layanan + portofolio yang span industry vertical tersebut. Portofolio ini meliputi:
·         IT Transformasi: APO, SOA & Middleware, ERP, ADM, Legacy, Technologies Web, Content Management, Verifikasi & Validasi Independen)
·         Operasi Transformasi: Aplikasi / ERP Pemeliharaan dan Operasional, Infrastruktur manajemen dan Operasi, BPO)
·         Transformasi Teknologi: Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem dan Teknik, Teknik Mesin, Software sebagai Service (SaaS)
·         Keterlibatan pelanggan Milestone untuk HCL Amerika meliputi:
CA Inc: Melalui kemitraan strategis dengan CA Inc, HCL telah mengambil semua pengembangan riset dan produk yang berhubungan dengan manajemen bisnis CA ancaman keamanan, sedangkan CA tetap mempertahankan semua fungsi penjualan dan pemasaran. Dengan demikian, perusahaan bertujuan untuk mengembangkan bisnis CA ancaman manajemen dengan menggabungkan kekuatan dari kedua organisasi.
·         Merck & Co: Padatahun 2007, Merck & Co menandatangani multi-tahun global, perjanjian multi-layanandengan HCL memperluas pada hubungan yang ada yang dimulai pada tahun 2004. HCL akan memberikan dukungan strategis untuk inisiatif Merck TI utama, yang telah dipilih untuk ke dalamannya teknologi dan pengalaman domain, ditambah dengan fleksibilitas untuk terlibat dan komitmen.
·         Autodesk: HCL inovatif kesepakatan dengan Autodesk, sebuah perusahaan Fortune 1000, industry mencapai beberapa "pengalaman pertama". Perjanjian adalah salah satu keterlibatan pertama di mana vendor luar negeri bertanggung jawab untuk aplikasi dan operasi infrastruktur untuk pelanggan AS, dan juga waktu cemara di mana vendor luar negeri memasuki pasar host aplikasi manajemen. Rincian lebih lanjut tentang perjanjian dapat ditemukan dalam laporan IDC "Mengubah Offshore Outsourcing Aplikasi Game: Deal Inovatif HCL dengan Autodesk" pada www.idc.com.
·         Perusahaan Boeing: Boeing bermitradengan HCL untuk 787 Dreamliner (sebelumnya dikenal sebagai 7E7) program. Dalam tahun-multi, multi-juta dolar perjanjian pengembangan perangkat lunak, HCL menyediakan perangkat lunak dan pengembangan hardware dan layanan verifikasi dan validasi untuk Boeing serta Tier 1 sistem pemasok untuk program 787.
Amerika
·         HCL telah membuka pusat pengiriman di Guadalajara, Meksiko. Pembukaan dari pusat baru ini sejalan dengan strategi HCL untuk memperluas Delivery Global  diseluruhdunia.
·         HCL telah memenangkan kesepakatan untuk mendukung operasi manajemen investasi berbasis Amerika Serikat Fortune 200 terpadu jasa keuangan perusahaan. Pusat  pengiriman global HCL's di Raleigh, North Carolina akan digunakan untuk memberikan layanan ini.
·         HCL telah menandatangani multi-kontrak layanan dikelola dengan Local Telecom Carrier Exchange terkemuka di AS. Kesepakatan ini mencakup seluruh aplikasi TI sebagai penyedia layanan telepon, untuk memberikan layanan ADM / ASM  dalam model pengiriman secara global.
·         Sebuah operator nirkabel terkemuka di Amerika Serikat telah menandatangani kontrak bernilai jutaan dolar dengan HCL. Ruang lingkup dari kesepakatan kompas arsitektur, desain dan pengembangan pelanggan dihadapi layanan SOA berbasis web untuk 30 juta pelanggan. Aplikasi-aplikasi SOA berbasis web akan diakses oleh gerai ritel pengangkutdi Amerika Serikat.
·         HCL telah dipilih oleh sebuah perusahaan Amerika Serikat terkemuka yang berbasis di ruang CPG untuk memodernisasi TI alamnya menggunakan SOA.
·         HCL telah memenangkan kontrak multi-tahun dengan salah satu bank terbesar di Inggris. HCL akan menyediakan IT outsourcing dan layanan untuk system transformasi inti bank yang mendukung kebijakan buku asuransi yang ditutup.

Bidang Usaha
Nilai diciptakan dengan mengintegrasikan layanan untuk optimasi pada titik-titik interface dan dampak yang lebih besar akhir-bisnis.
·         Energi dan pelayanan R & D (perangkat keras, teknik mesin, rekayasa      perangkat lunak)
·         Layanan perusahaan Transportasi (bisnis transportasi, teknologi transportasi )
·         Proses bisnis outsourcing
·         Aplikasi layanan pelanggan
·         Pengembangan aplikasi, aplikasi Re-engineering dan Integrasi
·         Manajemen infrastruktur  TI

Sektor Industri
Nilai diciptakan oleh HCL kemampuan untuk menggabungkan teknologi dengan pengetahuan bisnis.
a.       Aerospace dan Pertahanan
b.      Otomotif
c.       Elektronik Konsumen
d.      Energi dan Utilitas
e.       Jasa Keuangan
f.       Pemerintah
g.      Kesehatan
h.      Independent Software Vendor
i.        Industri Manufaktur
j.        Alat Kesehatan
k.      Media & Hiburan
l.        Ritel & Konsumen
m.    Semi konduktor
n.      Server dan Storage
o.      Telecom
p.      Perjalanan, Transportasi & Logistik
q.      Keramahtamahan

3.      Bagaimana HCL dipengaruhi oleh perkembangan di bidang TI?
Jawaban : HCL memanfaatkan konsultasi global dan keahlian layanan TI terbesar, hubungan jangka panjang dengan kelompok yang beraneka ragam dari jumlah 1000 pelanggan di seluruh Aerospace dan Otomotif, Energi dan nilai guna, Jasa Keuangan (Perbankan, Pasar Modal dan Asuransi), Pemerintah, Hi-Tech dan Manufacturing, Life Sciences & Healthcare, Media & Entertainment, Retail & CPG dan Telekomunikasi industri.
HCL merupakan teknologi global terkemuka dan perusahaanlayanan TI dengan pendapatan tahunan sebesar US $ 4,9miliar. Perusahaan HCL terdiri dari dua perusahaan yang terdaftar di India, yaitu HCL Technologies dan HCL Infosystem.

·         HCL technologies
HCL Technologies adalah perusahaan yang relative muda, didirikan 15 tahun yang lalu, pada tahun 1998. Selama periode ini, HCL telah membangun kekuatan unik dalam aplikasi IT (aplikasi kustom untuk solusi industry dan paket implementasi), infrastruktur TI manajemen dan proses bisnis outsourcing, dengan tetap menjaga dan memperluas kepemimpinannya dalam rekayasa produk. HCL juga membangun kedalaman domain melalui strategi mikro-verticalization dalam industry seperti Financial Services, Hi-tech dan Manufaktur, Retail, Media dan Hiburan, Biologi, dan Telecom.
HCL telah menciptakan kemampuan untuk mendistribusikan nilai seluruh pelanggan TI lanskap melalui didistribusikan baik portofolio layanan, kekuatan domain yang signifikan, dan distribusi geografis lokal yang relevan. HCL memiliki portofolio layanan terluas di antara penyedia layanan TI India, dengan masing-masing layanan yang telah mencapai massa kritis.
Usaha bisnis HCL adalah R & D dan Engineering, Custom Aplikasi, Aplikasi Enterprise, IT Infrastruktur Manajemen, dan BPO Services. Selain itu, HCL baru-baru ini meluncurkan Enterprise Transformasi persembahan Jasa terdiri dari Bisnis, Teknologi, Aplikasi dan Data Transformasi – empat kebutuhan yang luas dari perusahaan apapun. Kemampuan kita untuk secara sinergis mengintegrasikan pipa servis di seluruh lanskap TI menciptakan zona baru bagi penciptaan nilai. Selain itu, HCL telah menciptakan kepemimpinan layanan unik di masing-masing daerah melalui terbaik-breed of-proposisi unik. HCL kepemimpinan di bidang-bidang pelayanan telah diakui oleh beberapa analis independen terkemuka.
Pada tahun 2005, HCL mulai mempertanyakan linieritas model bisnis skala-didorong diadopsi oleh penyedia layanan (sebagian besar di bisnis TI aplikasi). Interogasi membawa kami dengan keyakinan bahwa pasar dengan cepat mendekati titik belok, yaitu titik di mana proporsionalitas volume dan nilai akan berubah, membuka peluang baru bagi penyedia jasa yang bercita-cita untuk focus pada nilai. Dengan realisasi ini, HCL memulai perjalanan transformasional yang berfokus pada nilai perhatian pada hubungan pelanggan dan meningkatkan peluang pasar baru, sekaligus menciptakan pengalaman kerja yang unik. Oleh karena itu HCL memasuki tahap baru evolusi – merubah itu dari sebuah penyedia layanan volume-didorong untuk perusahaan nilai-centric yang mengubah teknologi menjadi keunggulan kompetitif bagi semua pelanggan di seluruh dunia. Cara baru Hari HCL's melakukan bisnis sedang diakui oleh Harvard, IDC, Fortune, Forbes, Economist, Business Week dan sejenisnya
.
·         HCL Infosystem
Menciptakan LifeLine untuk menghubungkan BisnisInfinet HCL Ltd adalah layanan jaringan dengan group HCL. Perusahaan ini memiliki ijin untuk beroperasi sebagai kelas “A”, ISP,ITSP dan penyedia layanan NLD. ISP/ operasi NLD dilakukan melalui jaringan infrastruktur state of art diseluruh negeri. Infinet HCL Ltd adalah pemimpin dalam memberikan pelayanan multi data, suara, dan video mendukung aplikasi IP/ MLS VPN dan internet bandwidth menawarkan berbagai layanan lengkap perusahaan di seluruh India.
Lampiran
Gambar perusahaan HCL di Amerika
                  

4.      Apa yang harus eksekutif HCL Amerika lakukan untuk mencapai tujuan mereka increaing pendapatan dari $ 22 sampai $ 60 juta dua tahun sementara membuat keuntungan? Jawaban : Saat ini kondisi Ekonomi yang masih bagus membantu perusahaan ini untuk memperluas dan memperkuat infrastruktur TI mereka, dengan fokus peningkatan pada Jaringan, berkembangnya bisnis real-time, membantu perusahaan menjadi lebih efektif biaya, lincah dan efisien, dan berpeluang mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

5.      Apakah gesekan antara insinyur perangkat lunak menimbulkan masalah serius bagi HCL Amerika? Jika demikian, bagaimana seharusnya perusahaan Address itu? Jawaban : Insinyur software menanggapi masalah serius untuk HCL amerika, dengan memilih keputusan yang sudah di tawarkan HCL amerika untuk membeli pelayanannya, yaitu perusahaan dapat mengirim insinyurnya untuk bekerja pada pelanggan utamanya dalam jangka waktu sementara, melakukan pemrogaman proyek di fasilitas Amerika, atau mengirim pekerjaan untuk perusahaansoftware di India.

6.      Bagaimana Offshore Manufakturing dari perusahaan ini?
Jawaban : Solusi  dalam sistem Manufaktur Eksekusi (MES) membantu mengatasi kesenjangan antara Shop Lantai & Sistem Pengendalian di satu sisi dan tingkat Enterprise sistem ERP di sisi lain, sehingga menciptakan serangkaian link informasidisinkronisasidanterkoordinasi.
MES kami solusi menghasilkan kontrol yang lebih ketat terhadap kegiatan manufaktur dan akhirnya, pada pertama kali, kualitas produk akhir dan pengulangan produksi.HCL's MES solusi difokuskan pada praktek industri terbaik untuk implementasi dan integrasi, terlepas dari produk pilihan dari pelanggan. Kami memiliki pengalaman dalam produk beberapa MES dan menawarkan layanan di bidang konsultasi, implementasi, integrasi otomatisasi-hilir dan hulu, / Rekayasa Enterprise integrasi, upgrade dan transformasi warisan &standardisasi.Kamitelahmembantupelanggankamiuntuk:
a.       Beberapa evaluasi dari produk rak dan merekomendasikan pas untuk kebutuhan bisnismereka.
b.      Meningkatkan throughput transaksi mereka dengan 2 sampai 10 kali.
c.       Mengurangi biaya dukungan dan perawatan sebesar 45% dengan membuat lingkunganproduksiyanglebihstabil.
d.      Mengungguli mereka SLA untuk dipotong-over shutdown sampai 16 jam terhadap24jamditetapkan.
e.       Meningkatkan pengambilan keputusan oleh memastikan visibilitas time dashboard nyata pada tingkat perusahaan untuk mengoptimalkan operasi pabrik.
f.       Mengurangi manual tenaga kerja di agregasi data dan pelaporan yang dihasilkan dalamupayapenghematan30%.
g.      Lihat manufaktur dan data perangkat dari lokasi terpencil.
h.      Temui kepatuhan terhadap peraturan dan standar pemerintah
KisahSuksesKami telah menyediakan solusi ujung ke ujung MES kepada pelanggan di industri,beberapa pelanggan penting adalah sebagai berikut:
Ø  Pelaksanaan, pemeliharaan dan dukungan sistem MES Visiprise berbasis perangkatmedisutama.
Ø  Penerapan sistem Camstar MES Insite bagi produsen ElektronikaDiskrit.
Ø  Integrasi sistem Camstar MES Insite dengan Oracle ERP untuk pemimpinduniadalammikrokontroler.
Ø  Custom Solusi untuk produsen Komponen Jaringan Optik, produsen Solar panel,produsenharddisk.
Ø  Legacy Migrasi, integrasi baru dan penilaian kinerja produsen memori flash
Ø  Manufaktur Aplikasi - 24 x 7 Produksi dukungan untuk dua jurusan geografi meliputi beberapa semikonduktor.

7.      Bagaimanakah peranan perusahaan HCL dalam International Resourcing ?
Jawaban:HCL berfokus pada 'transformasi outsourcing', yang menggarisbawahi inovasi dan penciptaan nilai, yang menawarkan portofolio layanan yang terintegrasi termasuk solusi yang berpusat pada piranti lunak, remote infrastructure management, teknik dan layanan R&D serta BPO. HCL memanfaatkan jaringan infrastruktur global yang luas baik di dalam maupun luar negeri dengan jaringan kantor di 26 negara guna memberikan layanan holistik, multi-service di industri kunci termasuk sektor finansial, manufaktur, layanan konsumen, layanan publik dan kesehatan. HCL menjunjung tinggi filosofi 'Karyawan adalah yang Utama' dengan jumlah SDM sekitar 70,218 untuk menciptakan nilai yang nyata bagi para pelanggannya. 
HCL Technologies dan anak perusahaannya memiliki pendapatan konsolidasi sebesar US$ 2,9 milyar (RS. 13,145 crores) per tanggal 30 September 2010 (secara LTM).        
HCL melakukan pendekatan fokus pengembangan karyawan dengan memberikan apapun yang karyawan butuhkan untuk berhasil: baik itu asisten virtual atau sabbaticals bakat transformasi; bimbingan ahli atau pertumbuhan jalur cepat, damai dalam atau pemberdayaan demokratis. Pada HCL, apa yang kita miliki adalah Lima Fold Path untuk Pencerahan Individu. Ini memastikan bahwa mereka diberi Dukungan, Pengetahuan, Recognition, Pemberdayaan, dan Transformasi.

8.      Bagaimanakah jaringan Arbitrasinya?
Jawaban :HCL menciptakan Lifeline untuk Menghubungkan Bisnis Ltd Infinet HCL adalah Layanan Jaringan lengan Grup HCL. Perusahaan ini memiliki izin semua untuk beroperasi sebagai Kelas "A" ISP, ITSP dan penyedia layanan NLD.ISP / operasi NLD dilakukan melalui jaringan infrastruktur state-of-art di seluruh negeri.HCL Infinet Ltd adalah pemimpin dalam memberikan pelayanan multi data, suara dan Video mendukung aplikasi IP / MLS "VPN dan Internet bandwidth menawarkan berbagai layanan lengkap berhasil Enterprise di seluruh India.
HCL Infosystems portofolio produk meliputi seluruh spektrum teknologi informasi kebutuhan para nasabahnya.Berdasarkan keragaman besar pasar dan pelanggan bahwa itu alamat, HCL Infosystems produk penawaran meliputi segala sesuatu dari high end server tingkat perusahaan untuk aplikasi misi penting untuk komputer rumah multimedia.
Menawarkan spektrum yang luas dari layanan yang melibatkan Fasilitas Manajemen, Infrastruktur Jasa, Infostructure Services dan Strategis Outsourcing, HCL Infosystems ujung ke ujung menawarkan solusi hardware.
HCL Infinet menawarkan rangkaian lengkap solusi internet dan jaringan seperti VPN, Internet, Network Management Services, Data Center dan Co-location Pertambahan Nilai Jasa dan Layanan seperti Internet Telephony dan Enterprise Mailing Solusi dll.

2. Li & Fung
Li & Fung tumbuh dari perdagangan ekspor tradisional, perusahaan yang didirikan pada tahun 1906 oleh Pak-Fung Liu dan Li To-Ming di Guangzhou China, ke global. Supply chain management seperti sekarang ini. Di bawah sinergi yang kuat dari dua bersaudara lulusan Harvard – Victor Fungdan William Fung, perusahaan menerima ide-ide baru dan inovasi dalam teknologi dan manajemen, membawa perusahaan kepada reputasi internasional. Pada akhir tahun 2003, Li & Fung memiliki total pegawai 5.956 orang, dimana 2.055 orang berbasis di Hongkong dan 3.901 orang berada di luar negeri di seluruh jaringan Li & Fung di 38 negara. Pada tahun 2003, Li & Fung menghasilkan penjualan dari HK$ 42.63 milyar dan pendapatan bersih sebesar HK$ 1.21 milyar dengan kantor di 40 negara. Fung bersaudara berpendidikan Harvard, Victor dan William telah menjadi arsitek kesuksesan perusahaan. Mereka percaya bahwa di zaman internet, perdagangan perantara memiliki peran penting untuk bermain. Mereka merasa bahwa peran seorang pedagang melampaui sekedar mencocokkan kebutuhan pembeli dengan penjual namun menambah value secara inovetif. Li & Fung juga menyadari bahwa ia harus terus berinovasi untuk tetap di depan pemain lain dalam bisnis dimana keunggulan kompetitif yang berkelanjutan semakin sulit didapat.
Li&Fung mengelola supply chain dengan konsep yang mereka namakan disperced manufacturing. Prinsipnya adalah membagi-bagi kegiatan di sepanjang value chain dan mengalokasikan masing-masing kegiatan tersebut ke pihak yang paling tepat untuk mengerjakannya. Untuk produk boneka anak-anak misalnya pada tahun 80-an mereka merancang sendiri produknya maupun cetakannya di Hongkong. Rancangan produk dan cetakan ini kemudian dikirim ke China untuk memproduksi boneka-boneka sesuai dengan rancangan dan menggunakan cetakan yang sudah dibuat di hongkong. Setelah produk selesai, produk ini kemudian harus dikirim kembali ke Hongkong untuk keperluan pengecekan kualitas dan pengepakan. Pekerjaan pengepakan dilaukan di Hongkong karena pada saat itu Cina belum mampu mencetak kemasan dengan kualitas tinggi. Kemudian, pengiriman ke luar negeri juga dilakukan dari Hongkong dengan memanfaatkan infrastruktur pelabuhan maupun perbankan yang sangat bagus disana.
Jadi tampak bahwa Li&Fung melakukan sendiri pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan teknologi dan memiliki nilai tambah tinggi (front end berupa perancangan produk dan cetakan dan back end berupa pengecekan kualitas dan pengiriman). Pekerjaan yang ada ditengah yang bersifat padat karya, dikirim ke wilayah Cina selatan yang tenaga kerjanya murah. Secara keseluruhan Li&Fung memiliki lebih dari 7500 jaringan supplier di seluruh dunia.
Li & Fung menyuplai dan mengelola rantai pasokan global untuk high-volume dan time-sensitive barang-barang konsumen bagi perusahaan-perusahaan besar dan sukses seperti The Limited, Warner Brothers, Avon, Bed, Bath & Beyond, dan sebagainya. Li & Fung menikmati keunggulan kompetitif dalam hal kemampuannya untuk secara efisien mengatur seluruh rantai nilai proses produksi yang dilakukan sangat efisien dalam lingkungan virtual. Tujuannya adalah untuk menambah nilai pada setiap tahap proses produksi. Dengan di internet datang dari revolusi, Fung bersaudara itu sangat cepat memahami dan beradaptasi dengan perubahan teknologi baru dan implikasinya. Mereka memahami internet sebagai alat yang ampuh dan menganalisis dampak yang mungkin bisa saja terjadi bagi perusahaan. Li & Fung bergabung dengan perusahaan teknologi savvy-castling, untuk membentuk lifung.com. Intranet dan extranet teknologi telah berhasil diterapkan di Li & Fung pada tahun 1995 dan 1997, mengahasilkan peningkatan efisien dan mengurangi biaya. Kekuatan teknologi informasi dilanjutkan dengan meluncurkan studiodirect.com, yang ditujukan untuk menargetkan pasar UKM (Usaha Kecil dan Menengah ukuran Enterprise). Teknologi baru dan sistem informasi yang membantu Li & Fung meningkatkan competitive advantage dengan memperkuat hubungan dan mendorong pembagian informasi baik dalam organisasi dan antara organisasi dan dengan beragam supply chain clients.
            Kegiatan utama adalah kegiatan yang secara langsung berkaitan dengan produksi dan distribusi produk dan jasa dari perusahaan. Bauran produk Li & Fung termasuk barang-barang hard dan soft (Hard good dan Soft good) memiliki margin lebih tinggi secara signifikan sebesar 10%-30%. Kegiatan utama menciptakan nilai bagi perusahaan dan termasuk inbound logistik, operasi, outbound logistik, penjualan, pemasaran dan pelayanan. Li & Fung, kegiatan utama termasuk menerima pesanan dari pelanggan, menganalisis persyaratan pelanggan dan pengadaan bahan baku, mendistribusikan pesanaan ini dan bahan baku untuk pabrik yang paling tepat untuk pesanan ini, kemudian memastikan jaminan kualitas dan memastikan bahwa ekspor dan perusahaan pengiriman logistik mengantarkan produk pada waktu yang tepat. Kegiatan utama juga akan mencakup personel sales yang terlibat dalam pemasaran produk dan layanan yang diberikan grup untuk mengelola layanan purna jual persyaratan. Support Activities membuat pengiriman produk utama dan meliputi manajemen, administrasi, sumber daya manusia, teknologi dan departemen procurement.
1.      Bagaimana Li & Fung menciptakan nilai bagi pelanggan dan pemasok? Bagaimana perbedaan dalam biaya tenaga kerja internasional bermain dalam nilai ini?
Nilai yang diberikan Li & Fung adalah pandahan dan pilihan global dalam melakukan tugas. Melalui pengetahuan mereka dari berbagai pemasok bahan baku, produsen, dan pengirim. Li & Fung bisa memberikan kualitas tinggi dan kehandalan dalam semua aspek pemenuhan pesanan. Pengetahuan ini digabungkan dengan manajemen informasi terpusat canggih membuat layanan cepat dan dapat diandalkan.
Li & Fung perlu untuk menilai kemungkinan dan biaya atau manfaat end-to-end rantai pasokan yang didasarkan pada peningkatan komunikasi teknologi di negara berkembang. Li & Fung harus menggunakan staf mereka sendiri, dengan setiap pemasok, sehingga menjamin data bisnis yang valid dalam sistem mereka. Dari sudut pandang penilaian pasar mereka harus membuktikan nilai dari biaya versus pendatang lain ke dalam bidang ini. Mereka juga perlu menjaga klien existing dan bagaimana mengatur cost terhadap portal B2B.
Sedangkan untuk perbedaan biaya tenaga kerja, biaya tenaga kerja di China lebih murah dibanding tenaga kerja yang ada di cabang internasional. Karena UMR di China yang memang lebih rendah dibanding negara lain.

2.      Bagaimana Li & Fung terpengaruh dengan timbulnya B2B e-commerce?
Li & Fung berhasil membuat portal bagi perusahaan mereka sendiri. Dengan portal ini Li & Fung dapat melayani pelanggan internasionalnya. Dalam hal ini Li & Fung memperoleh keuntungan dalam pasar UKM yang belum terlayani dengan menawarkan kustomisasi terabatas dan komisi yang lebih rendah dibanding kompetitor lain.

3.      Jika Charles Ho (Li & Fung HX divisi manajer) mengirim pesanan Classique untuk Qingdao, Cina, atau Filipina? Jika dia mengirimkan perintah untuk China, seharusnya dia meminta divisi HV untuk mengawasi itu? Jika ia mengirimkannya ke Cina dan staf sendiri mengawasi itu, berapa banyak kunjungan yang harus mereka buat ke pabrik, dua, tiga, atau empat? Pertimbangkan kepentingan pribadi manajer divisi, serta mereka dari pelanggan dan Li & Fung.
Jika manajer divisi menginginkan kulitas yang baik terhadap produknya, sebaikya kunjungan dilakukan tiga sampai empat kali. Karena biaya kunjungan juga lebih murah selama kunjungan yang dilakukan berada di China. Karena jika kunjungan dilakukan di Filipina akan memakan biaya yang besar dalam transportasinya sendiri.

4.      Menilai Li & Fung struktur internal, termasuk struktur organisasi dan cara-cara memotivasi karyawannya. Bagaimana menyelaraskan kepentingan karyawan dengan kepuasan dan kinerja keuangan Li & Fung?
Dalam menyelaraskan kepentingan karyawan dengan kepuasan dan kinerja keuangan, Li & Fung selalu menggunakan staf sendiri untuk melakukan semua kegiatan perusahaan daripada mencari staf luar (ofsource). Selain menghemat biaya tenaga kerja, data bisnis yang mereka terima dijamin kerahasiaannya dan kevalidannya.

5.      Haruskah William Fung mengikuti rekomendasi Danny Lau untuk memperpanjang percobaan restrukturisasi untuk semua divisi barang lembut?
Sebaiknya William Fung mengikuti rekomendasi Danny Lau untuk memperpanjang percobaan restrukturisasi divisi soft goods. Soft goods Li & Fung diantaranya adalah tekstil dan garment. Dengan perkembangan teknologi, kebutuhan garment & tekstil semakin bertambah, dan negara China pada tahun 2012 tercatat telah menguasai 42% perdagangan tekstil dunia. Jadi, siapa tahu margin Li & Fung dalam divisi soft goods bisa bertambah.

BAB V
KESIMPULAN
1. HCL
Perusahaan ini merupakan perusahaan consulting yang berkantor di Amerika dan di India.HCL Amerika secara ketat sebuah perusahaan perangkat lunak yang mengkhususkan diri dalam sistem Unix dan software aplikasi database. Ketika didirikan pada tahun 1988,perusahaan berusaha masuk ke pasar AS melalui multiprosesor simetrik.HCL telah menambahkan berbagai ekstensi untuk sistem operasiuntukmembuatnyalebihkuat.
HCL Sebagai pelopor pemanfaatan komputer secara modern, HCL telah bertranformasi menjadi perusahaan global. HCL menjangkau bidang produk engineering, custom & package applications, Business Process Outsourcing, jasa infrastruktur IT, hardware IT, sistem integrasi, dan teknologi informasi dan komunikasi.
Kaitannya dengan pembahasan kasus, seharusnya keputusan Sateesh Lele mengalokasikan sisa pekerjaan pada proyek integrasi sistem Telogy yaitu dengan mengirim pekerjaan itu ke India melalui offsourcing.Keputusan ini dinilai sangat strategis karena menurut informasi yang diperoleh,pelanggan yang mengirim pekerjaan ke India sering menghemat 50% dari biaya melakukan pekerjaan di Amerika Serikat.Satu keuntungan offsourcing menawarkan adalah bahwa panjang sebuah proyek dapat dikurangi karena lebih mudah dan lebih murah untuk menambah staf sementara di India. Selain itu, perbedaan waktu lebih dari 13 jam antara India dan California bekerja sebagai keuntungan - ketika tim AS HCL sedang tidur, tim di India bekerja, dan sebaliknya.Outsourcing teknis tidak lagi dipandang sebagai alat jangka pendek pemotongan biaya dengan fokus sekarang beralih ke jangka kompetitif keuntungan.
Pengembangan tekhnologi dari HCL Amerika mampu menditribusikan nilai seluruh pelanggan TI melalui distribusi portofolio layanan& geografis lokal yang relevan.Sekarang ini perusahaan HCL terus memperluas dan memperkuat infrastruktur TI mereka, dengan fokus peningkatan pada Jaringan, berkembangnya bisnis real-time, membantu perusahaan menjadi lebih efektif biaya, lincah dan efisien, dan berpeluang mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

2. Li & Fung
Li & Fung menikmati keunggulan kompetitif dalam hal kemampuannya untuk secara efisien mengatur seluruh rantai nilai proses produksi yang dilakukan sangat efisien dalam lingkungan manufaktur virtual. Tujuannya adalah untuk menambah nilai pada setiap tahap proses produksi. Dengan adanya program B2B e-commerce Li & Fung bisa memperoleh keuntungan ini dalam pasar UKM yang belum terlayani dengan menawarkan kustomisasi terbatas dan komisi yang lebih rendah dibanding kompetitor lainnya. Teknologi baru ini memungkinkan Li & Fung untuk memperluas dan diversifikasi bisnis tradisional.

Komentar

Postingan Populer